Salah satu bagian rumah yang kerap luput dari perhatian kita adalah tangga. Padahal, tangga bisa dimanfaatkan menjadi ‘palet’ kreativitas Anda. Daripada dibiarkan polos dan membosankan, lakukan tiga cara berikut ini untuk menyulap tangga di rumah jadi lebih berwarna!

 

Untuk Tangga yang Sempit dan Tertutup

Untuk kasus seperti ini, Anda dapat bermain warna di bagian anak tangga. Berikan kejutan visual menggunakan warna-warna berani. Misalnya warna kuning, pink, ungu dan sejenisnya.

Jika anak tangga terbuat dari kayu, pastikan Anda melakukan persiapan matang sebelum mengecat agar hasilnya sempurna. Cuci dulu tangga kayu dengan air dan sabun cair agar berbagai kotoran atau minyak terangkat. Tunggu sampai kering.

Jika tangga kayu masih dalam kondisi baik dan mulus, Anda bisa langsung melakukan pengecatan menggunakan produk primer+paint in one (cat dan primer jadi satu) seperti Clark+Kensington atau Royal dari ACE Paints.

Sementara jika permukaan tangga kayu kurang mulus, sebaiknya Anda lakukan pengamplasan terlebih dulu. Setelah serbuk hasil amplas dibersihkan, aplikasikan primer untuk kayu. Tunggu kering, lalu aplikasikan cat.

 

Terapkan Gradasi Warna Pada Bagian Railing

Jika tangga di rumah Anda tergolong terbuka/railing terlihat jelas, coba terapkan teknik yang satu ini. Buat tampilan railing Anda yang monoton jadi lebih cantik dengan teknik gradasi warna. Anda dapat bermain dengan tone biru-hijau-ungu seperti di foto ini atau tone lain sesuai selera.

Jika railing tangga terbuat dari kayu, Anda dapat mengikuti langkah persiapan seperti yang telah disebutkan di poin sebelumnya. Jika railing terbuat dari metal, sebenarnya langkah persiapannya hampir sama. Cuci atau lap dulu permukaan metal dengan kain lap basah yang diberi sabun agar berbagai kotoran atau debu terangkat.

Jika permukaannya masih mulus, Anda bisa langsung melakukan pengecatan dengan produk primer+paint in one seperti cat dinding Clark+Kensington atau Royal. Sementara jika sudah ada yang terkelupas, sebaiknya Anda melakukan pengamplasan atau pengelupasan dulu.

 

Cat Area Dinding untuk Tangga yang Luas dan Terbuka

Jika Anda tidak ingin mengecat anak tangga atau railing, alternatifnya adalah mengecat dinding. Teknik ini cocok diterapkan untuk tangga yang terbuka dan memiliki area dinding luas. Pilihlah warna yang kontras dan berani seperti warna merah jika warna anak tangga dan railing Anda tergolong monoton.

Anda dapat memilih mengecat dinding dengan satu warna saja yang simpel seperti ini atau menggunakan teknik lain. Misalnya teknik garis-garis dengan dua atau tiga warna, atau berkreasi dengan motif menggunakan stensil/stempel.

Jika kondisi dinding sudah pernah dicat sebelumnya, Anda bisa langsung mengecat ulang dengan cat dinding Clark+Kensington. Tidak perlu mengaplikasikan primer terpisah.

Jika warna cat dinding sebelumnya lebih terang daripada warna yang ingin diaplikasikan sekarang, Anda mungkin hanya butuh 1x lapisan. Sementara jika warna cat dinding sebelumnya lebih gelap, Anda mungkin butuh hingga 2x lapisan.

Clark+Kensington memiliki kemampuan hebat dalam menutup permukaan dinding karena dilengkapi Ceramic Microsphere Technology. Didukung oleh teknologi ini dan bahan 100% akrilitik lateks, membuat hasil pengecatan dengan Clark+Kensington lebih halus dan minim cipratan.

Ingin tahu lebih banyak tentang ACE Paints? Silakan langsung datang ke ACE terdekat dengan Anda. Staf kami siap membantu Anda.

Leave a Reply