Tahukah Anda bahwa ada banyak tipe finishing cat dinding? Faktor inilah yang menentukan hasil akhir pengecatan. Salah satu produk cat unggulan ACE Paints, Clark+Kensington misalnya. Mereka memiliki enam tipe finishing berbeda.

Sebelum membeli, sebaiknya ketahui dulu perbedaan tipe finishing cat agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan harapan. Berikut ini penjelasan selengkapnya:

Flat

 

Tipe finishing cat dinding yang satu ini dikenal juga dengan istilah matte. Flat finish tidak berkilau dan tidak memantulkan cahaya. Cat dengan flat finish paling cocok digunakan untuk menutupi berbagai kekurangan seperti permukaan yang tidak rata atau retakan kecil di dinding.

Cat dengan flat finish juga memiliki hasil akhir yang lebih mulus ketika diaplikasikan di permukaan yang kasar. Namun patut diingat bahwa cat dengan flat finish lebih sulit dibersihkan. Jadi Anda sebaiknya tidak menggunakan cat dengan flat finish untuk area dapur atau kamar mandi.

Cat  dengan tipe finishing flat / matte paling cocok digunakan untuk ruang tamu, ruang makan, kamar tidur, kantor, dinding lorong serta langit-langit.

 

Flat Enamel

 

Tipe finishing flat enamel memiliki karakteristik yang kurang lebih sama dengan tipe flat finish. Sama-sama tidak reflektif dan sama-sama cocok digunakan untuk ruang tamu, ruang makan, kamar tidur, kantor, dinding lorong maupun langit-langit. Perbedaannya adalah flat enamel lebih tahan terhadap goresan, bekas sidik jari dan berbagai jenis noda.

 

Eggshell

 

Cat dengan tipe finishing eggshell lebih berkilau sedikit dibandingkan tipe flat finish. Namun hasil akhirnya tidak begitu mengilap. Cat dengan eggshell finish juga lebih tahan noda dan dapat dibersihkan menggunakan lap basah.

Cat dengan eggshell finish dapat digunakan di hampir seluruh jenis ruangan. Mulai dari kamar bermain anak hingga dapur. Selain untuk mengecat dinding, cat eggshell finish juga cocok digunakan untuk mengecat lis (trim).

 

Satin

 

Cat dengan satin finish memiliki hasil akhir yang bercahaya / mengilap. Jenis cat ini cocok digunakan untuk dinding dan lis. Anda dapat menggunakan cat dengan tipe finishing satin untuk ruang tamu, ruang makan, kamar tidur, ruang bermain anak, lorong / area masuk, serta ruang kantor.

 

Semi-Gloss

 

Cat semi-gloss finish lebih keras dibandingkan eggshell  jadi lebih awet / tidak cepat terlihat kusam. Namun ketika sudah kering, cat semi-gloss finish akan memantulkan lebih banyak cahaya. Jadi kalau ada permukaan dinding yang tidak sempurna sebelum pengecatan, kekurangan-kekurangan ini akan jelas terlihat.

Cat dengan tipe finishing semi-gloss paling tahan air dan mudah dibersihkan jadi cocok untuk kamar mandi, ruang cuci baju, dapur atau kamar tidur anak. Selain untuk dinding dan lis, cat semi-gloss finish juga dapat digunakan untuk mengecat pintu dan aneka furnitur.

 

Hi-Gloss

 

Cat dengan hi-gloss finish paling cocok digunakan untuk lis jendela dan pintu serta aneka furnitur karena hasil akhirnya yang keras dan berkilau. Ingin menggunakan cat hi-gloss untuk dinding? Sah-sah saja! Anda bisa memperoleh tampilan ruangan yang glamor menggunakan cat hi-gloss.

 

Bagaimana, sekarang sudah lebih jelas bukan? Anda jadi lebih mudah menentukan pilihan tipe finishing cat dinding untuk ruangan yang ingin Anda rombak warnanya. Berarti sekarang waktunya Anda ke ACE Hardware! Ada diskon 20% untuk seluruh produk cat dinding Clark+Kensington. Bagi member ACE Rewards, ada tambahan diskon lagi 10%!

Selain diskon, Anda juga dapat mengikuti program undian berhadiah ACE Parade jika belanja sekarang ke ACE Hardware. Setiap belanja Rp 1 juta, Anda akan mendapat satu nomor undian (berlaku kelipatan).

Ada hadiah utama 1 mobil MINI Cooper, 5 motor Vespa LX125, 10 paket wisata ke Jepang, 10 sepeda Dahon, 10 kamera mirrorless dan 100 voucher belanja ACE senilai masing-masing Rp 2 juta.

Jadi jangan sampai ketinggalan! Segera ke ACE Hardware dan belanja sekarang juga agar kesempatan Anda memenangkan hadiah semakin  besar.

Leave a Reply