Sebentar lagi Imlek akan tiba. Anda akan banyak melihat aneka barang serta hiasan serba merah. Di mal-mal, etalase toko fashion dan department store berlomba-lomba menampilkan pakaian berwarna merah terbaik koleksi mereka. Belum lagi toko-toko lain yang menjajakan aneka hiasan khas Imlek seperti lampion dan berbagai jenis angpao.

Nah, dalam rangka menyambut Imlek, berikut ini ada lima fakta menarik seputar warna merah yang patut Anda ketahui:

Banteng benci warna merah ternyata hanya mitos

Banteng tidak bisa membedakan warna merah atau warna lainnya. Bagi banteng, apa pun yang bergerak akan menjadi target mereka. Jadi tidak benar kalau banteng membenci warna merah.

Merah adalah warna yang melambangkan cinta

Warna jantung dan darah itu merah, maka tak heran jika sedang berabad-abad lalu warna merah sudah menjadi simbol cinta dan gairah di berbagai budaya. Mulai dari zaman Roma hingga Tiongkok.

Sampai sekarang dalam setiap pernikahan, pengantin Tiongkok akan menggunakan gaun pengantin merah dan mendapat telur merah ketika mereka punya anak pertama. Ini juga alasan mengapa saat Valentine atau dalam berbagai event, mawar merah digunakan sebagai ungkapan cinta.

Merah melambangkan kekuatan atau kekuasaan

Di dunia Barat maupun Timur, warna merah kerap digunakan untuk pakaian raja dan anggota keluarganya. Jubah King Arthur misalnya. Dalam sejarah Tiongkok, warna merah banyak digunakan dalam setiap acara kerajaan. Mulai dari dinasti Zhou, Han, Jin, Song hingga Ming. Demikian pula di Korea. Raja di era Joseon pasti mengenakan jubah berwarna merah.

Merah melambangkan keberuntungan

Inilah mengapa saat Imlek, orang tua atau individu yang sudah menikah memberikan angpau (hongbao) yang berarti amplop merah kepada anak-anak. Tujuan pemberian angpau adalah sebagai simbol keberuntungan dan mengusir roh jahat.

Warna merah memancing nafsu makan

Menurut peneliti, warna merah dan kuning merupakan warna yang paling menggugah selera. Mungkin inlah alasan mengapa orang bisa ngiler saat melihat makanan pedas yang penuh sambal atau cabai.

Berbagai restoran dan jaringan fast food waralaba juga banyak yang menggunakan warna merah dan kuning untuk desain logonya. Maka tak heran jika warna merah direkomendasikan untuk warna cat dinding dapur atau ruang makan.

 

Bagi Anda yang ingin mengaplikasikan warna merah untuk rumah atau tempat usaha (di bidang kuliner), percayakan cat dindingnya pada ACE Paints. Baunya tidak menyengat sehingga cocok untuk digunakan pada dinding ruang makan, dapur atau tempat usaha Anda. Tidak ada bau menyengat khas cat baru yang bertahan di dalam ruangan selama berhari-hari.

Khusus bulan ini (7 Februari – 6 Maret 2018), di ACE sedang ada promo untuk produk-produk ACE Paints. Cat dinding Clark+Kensington diskon 20%, sedangkan cat dinding Essence dan Royal diskon 15%. Khusus untuk member ACE, ada tambahan diskon lagi 10%!

Jadi jangan sampai kelewatan promo ini dan segera ke ACE terdekat dengan Anda!

Leave a Reply